Pemilik Kafe di Jerman Memenangkan Sengketa Merek dengan Apple

Kafe di sebuah kota kecil di Bonn Jerman, telah berjuang dari gugatan perusahaan multinasional di bidang teknologi, Apple atas penggunaan sebuah merek dagang.

Cafe tersebut bernama Apfelkind atau Apple Kid dalam bahasa Inggrisnya, didirikan oleh Christin Romer. Di dalam kafe ini, setiap orang tua dapat membiarkan anak-anak mereka untuk bermain sementara para orang tua mereka minum teh atau kopi.

Romer

Sumber Foto : Christin Römer, the Apfelkind owner. Photograph: Rolf Vennenberd/EPA/Corbis dalam http://www.theguardian.com

Pada tahun 2011, Romer telah mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang kepada kantor Paten dan Merek Jerman untuk mendaftarkan sebuah logo yang memperlihatkan sebuah apel merah dengan wajah seorang anak di dalamnya.

Berikut adalah gambar logo Apfelkind (kiri) dan logo Apple (kanan) milik Apple Company Inc

 

apfelkind

Sumber Foto : www.t-online.de

 

Römer kemudian didekati oleh perusahaan Apple di Amerika Serikat, untuk melakukan penarikan kembali pendaftaran mereknya dari kantor Paten dan Merek Jerman, karena dikhawatirkan bisa membingungkan konsumen Apple.

Sengketa merek antara Appel dan Römer ini berlangsung selama 2 tahun lamanya, yang dilalui melalui surat keberatan Apple terhadap Römer.

Apple menawarkan sebuah penyelesaian sengketa bagi Römer agar tidak memasuki produk-produk yang berkaitan dengan teknologi dalam produk yang dijualnya.

Römer mengatakan bahwa dia hanya berencana untuk menjual mug, gantungan kunci dan tas dengan merek Apple Kid nya tersebut.

Akhirnya seminggu yang lalu, Apple membatalkan keberatannya terhadap merek Apple Kid ini, sehingga Römer berhak menggunakan merek Apple Kid tersebut.

Menurut Jens Matthes, Partner pada Allen & Overy LLP di Dusseldorf, mengatakan bahwa kesamaan logo antara Apple dengan Apfelkind sangat sedikit sekali.

Logo Apple yang didaftarkan sebagai merek dagang tersebut berbeda kelas dengan logo Apfelkind, sehingga walaupun Apple merupakan merek terkenal, merek Apfelkind masih bisa didaftarkan karena memiliki banyak perbedaanya dengan logo perusahaan multinasional Apple di bidang komputer. Logo Apfelkind tidak memiliki bekas gigitan pada logo apelnya, berbeda dengan logo Apple, yang memiliki bekas gigitan pada logonya.

Sumber :

Diterjemahkan dari http://www.worldipreview.com/news/german-caf-owner-wins-trademark-battle-with-apple

http://www.theguardian.com/world/2013/oct/07/apfelkind-cafe-trademark-battle-apple-germany

Editor :

Agus Candra Suratmaja, S.P

Staf Manajemen Strategis Am Badar & Partners

Invest in better future with our services